09 Desember 2008

rumput angin


Tanaman ini mempunyai nama latin yang keren: tillandsia usneoides.Nama bekennya: spanish moss. Bagaimana tampilannya bisa dilihat pada foto. Bentuknya seperti rerumputan berwarna hijau,tergantung tanpa akar. Dia masuk dalam keluarga bromelia. Bagiku yang sangat awam,tanaman ini sangat mempesona.

Tanaman dalam pemahamanku selalu mempunyai akar,atau mempunyai bentukan serupa akar. Fungsinya adalah tempat bergantung dan mencari makan. Nah,akar spanish moss ini mana? Kutelusuri aneka bacaan. Karena terbatas (baik sofware maupun hardware), aku lantas mengambil keputusan sendiri: sama seperti bromelia lain,spanish moss ini menyerap (meng-absorb) kelembaban di sekitarnya. Sekaligus ia akan mendapatkan hara dari sana.

Pertanyaan seorang teman selanjutnya ternyata sangat mengusikku: “apakah rumput angin (ia membahasakan spanish moss itu demikian) makan angin?” Tentu saja memang begitu adanya. Dan bagaimana proses unsur hara ke tanaman,aku tidak paham. Cuma satu yang jelas: spanish moss itu makan angin tidak seperti kita yang adakalanya harus makan angin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar