19 Januari 2009

tentang hidup suci

Sebut saja mereka Gimin (22) dan Antok (17). Ketika suatu malam mengobrol dengan para pemuda kampung, saya mendengar cerita tentang perkenalan mereka dengan para bencong (waria).



Gimin mengaku kenal bencong saat mabuk dan berjoged di sebuah acara pertunjukan dangdut. Dia sangat bergairah betul tatkala bencong yang menemaninya berjoged mulai... Tapi dia mati-matian membantah dirinya sudah menikmati jasa seks si bencong. Fakatanya, sejak saat itu tak pernah absen mabuk saat berjoget di acara dangdutan.



Sementara Antok berlagak gagah dengan menceritakan secara rinci bagaimana para waria melayani langganan mereka. Ia hapal di mana para waria itu mangkal.



Esok paginya, seperti biasa, Gimin menarik gerobak sampah berkeliling empat RT mengangkuti sampah. Antok juga terlihat merokok di ujung gang berseragam sekolah.

Di dunia manakah sebenarnya mereka hidup? Di dunia malam tempat mereka menemukan wewangian murah dan lipstik mudah luntur serta alkohol; tempat gairah hidup ditemukan? Atau dunia pagi tempat mereka menukar keringat dengan uang dan duduk berjam-jam mendengarkan pelajaran yang membosankan?



Tapi Gimin jarang membicarakan pekerjaannya dan Antok mempersetankan sekolahnya. Tergodalah aku mengajak mereka untuk kembali pada hidup yang bertanggungjawab, meninggalkan alkohol dan dugem kampungan mereka.



Alamak! Sombongnya aku. Romo Mangunwijaya saja tidak pernah seperti itu. Dia cuma membangun rumah-rumah, membantu dan mendampingi masyarakat lembah Code agar mereka tidak diremehkan meski pekerjaan mereka digolongkan “sampah” oleh sebagian besar masyarakat. Romo Mangun menjalankan sungguh apa yang diperikan John Steinbeck dengan amat indah: “Keseluruhan hidup ini suci, tak peduli siapa yang menjalaninya.”

1 komentar:

  1. nah, liat kan? Romo Mangun tuh baru manusia. sisanya? ada yg seolah malaikat, tapi lebih ganas dari iblis. ada yg dihujat sedemikian sehingga, nyatanya lebih malaikat dr yg menghujat...
    manusia lama-lama pingin jd tuhan. lhah tuhan mao ngapain ntar???

    BalasHapus